Sponsor

Darśana Sankhya

Darśana Sankhya adalah penggolongan Darśana menjadi beberapa golongan. Ada beberapa penggolongan berdasarkan beberapa sumber. Berikut ini adallah pengolongan tersebut:

Berdasarkan Tarka, ada 363 darśana, yaitu Kriyavadi sebanyak 180, Akriyavadi sebanyak 84, Āgyavadi sebanyak 67 dan Vīnayika darśana sebanyak 32. Namun para sarjana tidak menerima penggolongan ini.

Berdasarkan Sarva Siddhanta Saṅgraha oleh Śaṅkaracharya, ada Sembilan darśana yaitu Akṣapada Darśana, Kanāda Darśana, Kapila Darśana, Jaimini Darśana, Vyāsa Darśana, Patanjali Darśana, Bṛhaspati Darśana, Ārhata Darśana, dan Bouddha Darśana.

Berdasarkan Agni Purana, ada sebelas darśana yaitu: Tarka Śastra, Kṣanabhangura vada, Bhuta Caitanya vada, Svaprakaśa Jnana vada, Anekānta, Śaiva Siddhantha, Vaiśnava Matha, Śākta Siddhanta, Saura Siddhanta, Brahma Siddhanta, dan Sankhya Matha.

Berdasarkan Mahakavi Rajaśekar, ada delapan darśana yaitu: Sankhya, Nyaya, Vaiśeṣika, Bouddha, Lokayata, Ārhata, Śīva, dan Panca Ratraśaya.

Berdasarkan Sarva Siddhantha Praveśaka, ada tujuh darśana, yaitu: Nyaya, Vaiśeṣika, Jain, Bouddha, Sankhya, Mīmamsa, dan Charvaka.

Berdasarkan Nyaya Manjeri oleh Jayanth Bhat, ada enam darśana, yaitu: Sankhya, Jain, Bouddha, Charvaka, Vaiśeṣika, dan Nyaya.

Berdasarkan Śat Darśana Kaumudi oleh Madhava Sarasvati ada 2 jenis darśana yaitu Vedic dan Avedic. Vedic darśana yaitu Vaiśeṣika, Nyaya, Śabdha Mīmamsa, Pūrva Mīmamsa, Uttara Mīmamsa, Seśvara Sankhya, dan Nirīśvara Sankhya. Avedic darśana yaitu Bouddha, Charvaka, dan Ārhata.

Berdasarkan Sarva Darśana Saṅgraha oleh Acharya Madhava, ada enam belas darśana yaitu: Charvaka, Bauddha, Jain, Ramanuja, Pūrva Pragya, Nākulīśa Pāśupatha, Vaiśeṣika, Nyaya, Jaimini, Panini, Sankhya, Yoga dan Śaṅkara.

Banyak sarjana yang membuat pengelompokan Darśana tetapi Ṣat Darśana yang lebih popular dibandingan yang lainnya. Ke enam Ṣat Darśana yaitu:

Sankhya Darśana oleh Mahaṛṣi Kapila

Yoga Darśana oleh Mahaṛṣi Patanjali

Pūrva Mīmamsa Darśana oleh Mahaṛṣi Jaimini

Vedanta Darśana oleh Mahaṛṣi Badarayana Vyasa

Vaiśeṣika Darśana oleh Mahaṛṣi Kanada

Nyaya Darśana oleh Mahaṛṣi Gautama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenal Ciri-ciri Orang Dengan Jenis Tubuh Vata (Vata Prakrti)

Ayurveda melihat setiap manusia sebagai insan yang unik. Di setiap tubuh manusia, tiga energi semesta yang disebut dengan tridosha selalu me...

Ad

Artikel Terpopuler