Sponsor

Delapan Cabang Ilmu Āyurveda

Bagan Delapan Cabang Ilmu Āyurveda

Āyurveda memiliki delapan cabang bidang ilmu yang disebut dengan Asṭāṅga Āyurveda. Asta artinya delapan, Angga artinya bagian. Jadi Asṭāṅga Āyurveda delapan bagian atau cabang ajaran Āyurveda. Adapun kedelapan cabang ajaran Āyurveda tersebut adalah:

Kaya Cikitsa adalah cabang dari Āyurveda yang fokus pada pengobatan penyakit yang muncul dari berbagai faktor khususnya disebabkan karena tidak stabilnya api pencernaan (Kayāgni).
Bala Cikitsa adalah cabang dari Āyurveda yang fokus pada penyembuhan penyakit pada anak-anak.
3)   Graha Cikitsa
Graha Cikitsa adalah cabang dari Āyurveda yang fokus pada penyembuhan penyakit yang disebabkan oleh faktor eksternal yang tidak terlihat seperti roh jahat, pathogen dan lain-lain, dan juga fokus pada penyembuhan sakit kejiwaan.
Urdhvaṅga Cikitsa adalah cabang dari Āyurveda yang fokus pada penyembuhan penyakit pada kepala, diantaranya gangguan pada mata, telinga, hidung dan gigi.
5)   Salya Cikitsa
Salya Cikitsa juga disebut dengan Sastra Cikitsa (operasi atau pembedahan), dan fokus pada penyembuhan penyakit menggunakan alat-alat tajam seperti pisau, gunting dan lain sebagainya.
6)   Damstra Cikitsa
Damstra Cikitsa disebut juga dengan Visa Cikitsa. Damstra Cikitsa adalah cabang dari Āyurveda yang fokus pada penyembuhan penyakit yang disebabkan karena berbagai macam racun.
7)   Jara Cikitsa
Jara Cikitsa adalah cabang dari Āyurveda yang fokus dengan penyembuhan penyakit yang disebabkan oleh usia yang sudah tua atau faktor penuaan. Jara Cikitsa juga disebut dengan Rasayana Cikitsa yang fokus pada menjaga kesehatan dan membantu memperlambat proses penuaan.
Vṛsa Cikitsa adalah cabang dari Āyurveda yang fokus pada penyembuhan berbagai masalah yang berhubungan dengan seksualitas diantaranya seperti impoten, strerilitas dan lain sebagainya. Vṛsa Cikitsa juga disebut dengan Vajikarana Cikitsa.


Demikianlah penjelasan mengenai depalan bagian/cabang ajaran Āyurveda sebagaimana dijelaskan di risalah Asṭaṅga Hṛdaya.

Mengenal Ciri-ciri Orang Dengan Jenis Tubuh Vata (Vata Prakrti)

Ayurveda melihat setiap manusia sebagai insan yang unik. Di setiap tubuh manusia, tiga energi semesta yang disebut dengan tridosha selalu me...

Ad

Artikel Terpopuler