Sponsor

Tujuan Hidup Manusia dan Tujuan Ajaran Āyurveda


Setiap manusia hidup di dunia ini memiliki tujuan, baik itu tujuan secara individu maupun tujuan berkelompok. Di dalam risalah Āyurveda yang saya pelajari dijelaskan bahwa orang yang menginginkan umur yang panjang agar bisa mencapai kebenaran (dharma), memperoleh harta (artha), dan kebahagiaan (sukha) harus berusaha keras dengan tenang memahami dan menjalankan ajaran Āyurveda.


Tujuan hidup manusia ada empat yaitu dharma, artha, kama dan moksa. Keempat tujuan hidup manusia ini disebut dengan Catur Purusārtha, yang harus diikuti oleh setiap manusia. Sukha (kebahagiaan) pada alinea sebelumnya merujuk pada kama dan moksa.

Dharma artinya kewajiban. Dalam hidup ini kita harus menjalankan semua kewajiban sebagai manusia agar kita bisa bertahan hidup. Kewajiban disini maksudnya adalah kewajiban untuk bekerja. Saya masih ingat tentang kewajiban ini dijelaskan oleh Krsna kepada Arjuna dalam Bhagavadgita Bab 3 sloka 3.8, seperti pada gambar di atas.

Dalam sloka di atas sangat jelas disampaikan oleh Krsna bahwa kita harus menjalankan kewajiban yang sudah ditetapkan. Karena kita tidak akan bisa memelihara badan kita tanpa bekerja. Jika memelihara diri sendiri saja tidak bisa, bagaimana kita memelihara keluarga.  begitu kira-kira…

Artha artinya materi. Dengan melakukan dharma, melakukan kewajiban, melakukan kerja, maka kita akan mendapatkan artha/materi. Artha inilah yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup diri sendiri dan keluarga.

Kama artinya kesenangan/nafsu/keinginan. Maksudnya kesenangan dalam pengertian ini bukan hanya kesenangan seksual, namun pengertiannya lebih luas. Misalnya anda bisa memberi bantuan kepada tetangga atau orang yang membutuhkan, itu merupakan kesenangan. Dengan memperoleh artha dari melakukan dharma maka kita bisa memenuhi keinginan yang kita ingin penuhi. Contoh kasarnya, ingin memiliki motor, atau seperti contoh sebelumnya, memberi bantuan kepada orang yang membutuhkan.

Selanjutnya yang terakhir adalah Moksa. moksa adalah tujuan terakhir yaitu bersatunya atma dengan Paramātma, atau mencapai kesempurnaan dan terbebas dari lingkaran reinkarnasi.

Secara garis besarnya bisa dikatakan seperti ini:
Dalam kehidupan di dunia ini, manusia harus menjalankan kewajibannya (dharma) sebagai manusia untuk bekerja. Dengan bekerja maka akan mendapatkan materi (artha) dan dengan materi inilah manusia bisa memenuhi kebutuhannya atau kesenangannya (kama), sehingga bisa melakukan kebaikan-kebaikan kepada sesama dan makhluk hidup lainnya. Dengan kebaikan-kebaikan ini dan berada pada jalan kebenaran, sehingga diharapkan tercapailah moksa, terbebas dari lingkaran kehidupan—kematian.

Untuk bisa menjalani dan mencapai tujuan hidup tersebut (Purusārtha) maka kita harus berumur panjang dan selalu sehat. Untuk mendapatkan umur panjang dan sehat manusia harus hidup dengan disiplin ajaran Āyurveda.

Āyurveda  memiliki dua tujuan untuk memberikan manfaat kepada umat manusia. Tujuan dari Āyurveda adalah memelihara kesehatan orang yang sehat dan menyembuhkan orang yang sakit.

Agar manusia bisa memelihara kesehatannya maka ia harus mengikuti aturan-aturan disiplin Āyurveda dalam menjalani kehidupan sehari-hari (Dinacharya) dan juga menjalankan disiplin musiman (Rtucharya).

Jika manusia sudah terlanjur terserang dan menderita penyakit, terapi-terapi Āyurveda bisa dilakukan untuk menghilangkan penyakit dari dalam tubuh. Terapi-terapi yang diberikan berdasarkan penyakit yang menyerang dan tergantung kondisi tubuh penderita penyakit.

Demikian sedikit ulasan tentang tujuan hidup manusia dan tujuan dari Āyurveda.  

Salam sehat.

Mengenal Konsep Mala dalam Ayurveda

Pada tulisan sebelumnya yang membahas tentang Definisi Sehat dalam Perspektif Ayurveda saya paragraf yang menjelaskan ' Mala ' saya...

Ad

Artikel Terpopuler