Hubungan Alam Semesta dengan Tubuh Manusia

hubungan alam semesta dengan tubuh manusia

Saat masih duduk di bangku sekolah kita mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam. Di mata pelajaran Ilmu Pengetahuan alam ini kita tentang semua elemen yang ada di alam seperti tanah, air, api, udara, dan ruang. Tahukah anda bahwa semua elemen-elemen yang ada di alam tersebut juga ada di dalam tubuh manusia?

Nah inilah yang akan saya bahas pada tulisan kali ini, yaitu mengenai hubungan antara alam semesta dengan tubuh manusia dalam perspektif Ayurveda. 

Sebelumnya selamat datang kembali di website ini. Setelah bertahun-tahun website ini tidak aktif, akhirya saya putuskan untuk mengaktifkannya kembali. Website ini sekarang menggunakan domain ayurvedaindonesia.org.

Alam semesta dan tubuh manusia memiliki hubungan yang sangat erat, bahkan tidak terpisahkan. Pernah mendengar istilah macrocosmos dan microcosmos kan ya? Jadi alam semesta disebut dengan macrocosmos dan tubuh manusia disebut dengan microcosmos

Di salam sastra Ayurveda, disebutkan bahwa:

sarvam dravyam pancabhautikam

sarvam artinya semua

dravyam artinya benda

pancabhautikam artinya lima unsur penyusun benda-benda.

Penggalan bait sloka sansekerta ini artinya semua benda-benda di alam semesta, baik benda hidup maupun benda mati memiliki kelima unsur yang disebut dengan panca mahabhuta. Panca mahabhuta ada di semua makhluk hidup.

Disebutkan juga bahwa apa yang ada di alam semesta juga juga ada di dalam tubuh manusia. Oleh karena itulah tubuh manusia disebut dengan microcosmos dan alam semesta disebut dengan macrocosmos. Artinya alam semesta dan segala isinya terbentuk dari perpaduan panca mahabhuta, begitu juga tubuh manusia dan makhluk hidup lainnya.

PANCA MAHABHUTA

Mari kita lihat sekilas tentang apa yang dimaksud dengan panca mahabhuta. Panca mahabhuta adalah lima unsur yang menjadi penyusun utama alam semesta beserta isinya. Panca artinya lima dan mahabhuta artinya unsur utama. 

Kelima bagian dari panca mahabhuta ini yaitu:

  • Akasha - unsur ruang
  • Vayu - unsur udara
  • Agni - unsur panas/api
  • Jala - unsur air
  • Prithvi - unsur tanah

Kelima unsur-unsur ini saling melengkapi satu sama lainnya. Salah satu dari kelima unsur ini akan mendominasi unsur yang lainnya pada setiap benda. Mengenai panca mahabhuta ini bisa dibaca di ayuraushadha.com.

PANCA MAHABHUTA DI TUBUH MANUSIA

Di awal sudah disebutkan bahwa panca mahabhuta juga menyusun tubuh manusia. Misalnya daging pada tubuh kita unsur utamanya adalah prithvi mahabhuta yang kemudian diikuti oleh unsur mahabhuta lainnya yaitu jala mahabhuta dan unsur mahabhuta lainnya. Darah unsur utamanya adalah jala mahabhuta dan diikuti oleh agni mahabhuta dan unsur mahabhuta lainnya. Begitu juga dengan bagian-bagian tubuh yang lainnya seperti tulang, pembuluh darah dan lain-lain. 

PANCA MAHABHUTA DAN TRIDOSHA

Pada artikel sebelumnya saya membahas secara garis besar mengenai tridosha.  Di dalam pengetahuan Ayurveda, tridosha memiliki peranan penting untuk memahami keseimbangan tubuh manusia. 

Tridosha adalah tiga elemen energi yang mengatur keseimbangan fungsi tubuh baik fisiologi maupun mental. Ketiga elemen energi ini yaitu vata, pitta, dan kapha. Setiap orang memiliki kombinasi yang berbeda-beda dari tridosha ini. Selengkapnya silahkan baca postingan sebelumnya tentang Sifat-sifat Tridosha.

Jadi kesimpulannya adalah alam semesta dan tubuh manusia memiliki hubungan yang sangat kuat karena sama-sama terbentuk dari panca mahabhuta. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Nature Bersama Ayurveda

Seperti kita ketahui bersama, saat dunia sedang berperang melawan pandemi COVID-19, khususnya negara kita tercinta-Indonesia. Oleh karena it...

Artikel Terpopuler