Sponsor

Jarak Kepyar atau Eranda

Jarak Kepyar

Beberapa waktu lalu, saat saya keluar dari kantor pos di daerah Mergangsan, Yogyakarta, pandangan saya tertuju pada sebuah pekarangan di seberang jalan yang dipenuhi dengan tanaman liar. Dalam hati saya berkata bahwa mengenal tanaman yang tumbuh di pekarangan itu. Setelah saya dekati ternyata benar, tanaman itu adalah Eranda. Eranda adalah nama untuk tanaman itu dalam bahasa Sansekerta. Nama latin dari Eranda adalah Ricinus comunis.

Kebetulan di pinggir jalan di depan pekarangan itu ada seorang tukang becak yang sedang beristirahat. Kemudian saya bertanya kepada beliau tentang nama Eranda dalam bahasa lokal. Sayapun mendapat jawabannya. Di Jogja Eranda disebut dengan Jarak Kepyar.

Jarak kepyar merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak sekali digunakan dalam metode pengobatan Ayurveda. Di India, khususnya di India Selatan tanaman ini tumbuh menyebar dan mudah sekali ditemukan. Mungkin karena sama-sama daerah tropis jadi jarak kepyar ini juga terdapat di Indonesia.

Ciri-ciri dari jarak kepyar ini adalah batangnya termasuk dalam kategori semak-semakyang tingginya bisa sampai 2 sampai 4,5 meter. Daunnya berbentuk seperti jari-jari yang memiliki 7-9 ujung meruncing. Bunga dari tanaman ini berwarna kuning. Buah tanaman ini berbentuk bulat berduri, besarnya sekitar seukuran kelerang. Di dalam buah ini terdapat banyak biji yang berwarna coklat.


Bagian-bagian dari tanaman ini yang bisa digunakan menjadi obat adalah daun, biji dan akar. Biji tanaman ini bisa dibuat menjadi minyak, yang disebut dengan Castor oil. Daaun eranda biasanya digunakan sebagai salah satu bahan terapi Patra Pinda Sweda (detail terapi ini akan saya coba sajikan pada tulisan lain), dan dibuat menjadi pasta (dalam bahasa Bali disebut boreh), yang nantinya digunakan dengan cara ditempelkan pada tubuh pasien. Eranda adalah tanaman herbal yang sangat efektif untuk menormalkan Vata di dalam tubuh pasien.   

Mengenal Konsep Mala dalam Ayurveda

Pada tulisan sebelumnya yang membahas tentang Definisi Sehat dalam Perspektif Ayurveda saya paragraf yang menjelaskan ' Mala ' saya...

Ad

Artikel Terpopuler