Sponsor

Susruta Samhita

Gambar dari pparihar.com

Pada postingan kali ini kembali membahas tentang Brihat Trayi. Sebelumnya sudah saya tuliskan tentang Caraka Samhita dan Astangga Samgraha. Nah kali ini bahasannya adalah Susruta Samhita.

Susruta Samhita adalah salah satu samhita yang sangat populer di dalam Ayurveda, karena secara khusus Susruta Samhita membahas tentang pengobatan pasien dengan cara operasi. Susruta Samhita ditulis oleh Susruta, namun kemudian diedit oleh Nagarjuna.


Susruta Samhita terdiri dari 120 bab yang tersusun dalam 5 bagian yaitu: Sutra Sthana 46 bab, Nidana Sthana 16 bab, Sarira Sthana 10 bab, Cikitsa Sthana 40 bab, dan Kalpa Sthana 8 bab. Selain itu juga memiliki tambahan bagian yang disebut dengan Uttara Tantra yang terdiri dari 66 bab. Uttra Tantra diyakini sebagai tambahan dari Nagarjuna sebagai editor.

Sutra Sthana menjelaskan tentang prinsip-prinsip dasar Ayurveda. Disini juga dibahas mengenai persiapan dasar untuk melakukan operasi pembedahan, berbagi alat-alat perlengkapan operasi, kshara, agni, jalauka, teknik mengobati dengan menggunakan api, cara mengumpulkan dan menyimpan tanaman obat, teknik pemberian obat emesis, obat cuci perut, berbagi jenis makanan baik berupa cair ataupun padat.

Nidana Sthana menjelaskan tentang etiologi, berbagai tanda dan gejala, pathogenik berbagai penyakit seperti Vataroga, Ashmari, Arsha, Bhagandara, Tumor, Patah tulang, dan berbagai penyakit lainnya.

Sarira Sthana menjelaskan tentang embryologi dan anatomi dalam sudut pandang Ayurveda.

Cikitsa Sthana menjelaskan tentang dasar-dasar perawatan, pengobatan dan pancakarma.

Kalpa Sthana menjelaskan tentang berbagi jenis racun atau toksikologi.

Uttara Tantra menjelaskan tentang berbagai subjek yang tidak terangkum di dalam bab-bab sebelumnya.
Susruta menjelaskan dengan sangat detail dan terstruktur tentang cara melakukan pembedahan mulai dari persiapan sebelum pembedahan, proses pembedahan, dan tindakan yang harus dilakukan setelah pembedahan.

Dijelaskan juga di dalamnya tentang bagaimana merawat mayat agar bisa awet dan bisa digunakan untuk pembelajaran pembedahan oleh siswa yang belajar Ayurveda. 

Susruta Samhita sudah dikomentari oleh banyak komentator, diantaranya adalah Jejatta, Gayadas, Brahma 
Deva, Bhaskara Bhatt, Cakrapani, Dalhana, dan Harana Candra Cakravarti.

Mengenal Ciri-ciri Orang Dengan Jenis Tubuh Vata (Vata Prakrti)

Ayurveda melihat setiap manusia sebagai insan yang unik. Di setiap tubuh manusia, tiga energi semesta yang disebut dengan tridosha selalu me...

Ad

Artikel Terpopuler