Sponsor

Mengenal Konsep Rasa dalam Ayurveda


Pernah tidak anda membayangkan jika makanan yang anda makan sehari-hari tidak memiliki rasa? Tentu akan membuat anda tidak bisa membedakan mana makanan yang enak dan mana makanan yang tidak enak.
Beruntung kita dikaruniai lidah yang mampu mengecap berbagai rasa dan dikaruniai berbagai makanan yang memilki rasa yang berbeda-beda, sehingga hidup menjadi lebih indah.

Secara umum seperti kita ketahui bersama bahwa rasa yang dikenal saat ini ada emapt macam rasa yaitu manis, asam, asin, dan pahit. Beberapa tahun belakangan terakhir bahkan ditambahkan satu rasa lagi yaitu rasa umami.  Umami adalah istilah dalam bahasa jepang yang artinya rasa enak.

Dalam perspektif Ayurveda, rasa juga disebut dengan rasa. Ayurveda mengenal ada 6 rasa yang bisa dirasakan oleh lidah manusia yaitu Madhura (manis), Amla (asam, kecut), Lawana (asin), Tikta (pahit), Katu (pedas), dan Kashaya (sepet). Keenam rasa ini disebut dengan Sad Rasa.

Rasa dan Panca mahabhuta
Ajaran Ayurveda menjelaskan bahwa makrokosmos dan mikokosmos terbentuk dari panca mahabhuta. Semua makhluk hidup baik yang bergerak dan yang tidak bergerak terbentuk dari panca mahabhuta. Begitu juga dengan rasa yang ada di setiap makanan, minuman, buah dan lain sebagainya terbentuk dari elemen panca mahabhuta.

Panca mahabhuta adalah lima elemen di alam semesta yang menjadi dasar terbentuknya semua benda dan makluk hidup di alam semesta. Lima elemen tersebut adalah Pretiwi (elemen tanah), Jala (elemen air), Teja (elemen panas), Vayu (elemen udara), dan Akasa (elemen ruang).

Madhura rasa (rasa manis) terbentuk dari perpaduan Pretiwi dan Jala. Amla rasa (rasa asam) terbentuk dari perpaduan Teja dan Pretiwi. Lawana rasa (rasa asin) terbentuk dari perpaduan Jala dan Teja. Tikta rasa (rasa pahit) terbentuk dari perpaduan Akasa dan Vayu. Katu rasa (rasa pedas) terbentuk dari perpaduan Teja dan Vayu. Kashaya rasa (rasa sepet) terbentuk dari perpaduan Pretiwi dan Vayu.
Demikianlah bahwasanya rasa dan panca mahabhuta memiliki keterkaitan satu sama lain.

Rasa dan Tridosa
Sama hanya dengan panca mahabhuta, rasa juga memiliki hubungan dengan tridosa, yaitu Vata, Pitta, dan Kapha. Tridosa yang merupakan tiga elemen yang menyusun tubuh manusia juga terbentuk dari panca mahabhuta. Ras juga terbentuk dari panca mahabhuta, maka satu sama lain memiliki hubungan.

Acarya Vagbhata dalam Astangga Hredaya bab 1 menjelaskan bahwa stabil dan tidak stabilnya kondisi tridosa di dalam tubuh manusia juga dipengaruhi oleh Sad rasa. Beliau menjelaskan bahwa Madhura, Amla, dan Lawana akan menyebabkan kondisi Kapha meningkat dan menyebabkan kondisi Vata menurun. Tikta, Katu dan Kashaya akan menyebabkan kondisi Vata meningkat dan menyebabkan kondisi Kapha menurun. Kashaya, Tikta, dan Madhura akan menyebabkan kondisi Pitta menurun. Amla, Lawana, dan Katu akan menyebabkan kondisi Pitta meningkat.   


Selain keterkaitan antara rasa dan panca mahabhuta, rasa dan tridosa, rasa juga memiliki keterkaitan dengan rtu atau musim. Mengenai hal ini akan coba saya sajikan pada postingan selanjutnya.

Mengenal Konsep Mala dalam Ayurveda

Pada tulisan sebelumnya yang membahas tentang Definisi Sehat dalam Perspektif Ayurveda saya paragraf yang menjelaskan ' Mala ' saya...

Ad

Artikel Terpopuler