Sponsor

Back To Nature Bersama Ayurveda

back to nature bersama ayurveda

Seperti kita ketahui bersama, saat dunia sedang berperang melawan pandemi COVID-19, khususnya negara kita tercinta-Indonesia. Oleh karena itu, setiap individu wajib untuk mengikuti protokol kesehatan yang dicanangkan oleh pemerintah guna memutus penyebaran virus corona ini. Setiap individu harus memiliki kesadaran sendiri untuk selalu menjaga kebersihan diri agar tidak terpapar virus ini. 

Kita juga tahu bahwa sampai saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan COVID-19 ini. Yang ada saat ini adalah usaha untuk menjaga imun tubuh agar selalu kuat. Jadi setiap orang harus benar-benar memiliki pola makan dan gaya hidup yang sehat agar imun tubuh kuat dan terhindar dari paparan COVID-19 ini.

Untuk menjaga imun tubuh selalu sehat dan kuat, tidak melulu kita harus meminum obat-obatan kimia, namun kita juga bisa melakukannya dengan memanfaatkan ramuan-ramuan herbal untuk menjaga imun tubuh tetap kuat.

Ayurveda sebagai salah satu sistem pengobatan tradisional India yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu dan saat ini sedang naik daun menyebar ke seluruh dunia, memberikan referensi ramuan-ramuan herbal yang bisa dikonsumsi untuk menjaga tubuh tetap sehat dan imun tubuh selalu kuat.

susu emas (golden milk)


Berikut ini saya coba menyajikan rekomendasi dari Ayurveda untuk menjaga imun tubuh selalu kuat:

  • Selalu meminum air hangat.
  • Lakukan Yoga Asana setiap hari paling tidak 30-45 menit, dimana bisa dilakukan pagi hari maupun sore hari, disertai dengan latihan Pranayama.
  • Di dalam masakan masukkan juga kunyit, jinten, ketumbar dan bawang putih.
  • Ramuan teh herbal yang terbuat dari tulasi, kayu manis, lada hitam, jahe kering yang bisa dikonsumsi sekali atau dua kai sehari. Bisa juga ditambahkan dengan gula jawa agar terasa lebih enak.
  • Konsumsi juga konsumsi Susu Emas yang terbuat dari bubuk kunyit setengah sendok dan diseduh dengan susu panas. Bisa diminum sekali atau dua kali sehari.

Selain itu ada juga terapi-terapi Ayurveda yang sangat mudah untuk dilakukan di rumah. Terapi sederhana ini seperti:

  • Terapi hidung--yaitu teteskan minyak wijen atau ghee atau minyak kelapa ke lobang hidung dua kali sehari pagi dan sore, masing-masing lobang hidung dua tetes saja.
  • Berkumur dengan minyak wijen atau minyak kelapa --ambil satu sendok makan minyak dan gunakan untuk berkumur kurang lebih selama 3 menit kemudian keluarkan/ludahkan dan cuci mulut dengan air hangat. Ini bisa dilakukan sekali atau dua kali sehari pagi dan petang hari. 

Jika mengalami sakit tenggorokan, yang perlu dilakukan adalah:

Tetap lanjut minum air hangat setiap kali minum baik setelah makan maupun saat haus.

  • Hirup uap dari daun mint segar dengan cara daun mint dimasukkan ke dalam air panas dan uapnya dihirup. Bisa juga dengan menghirup uap dari jinten yang dimasukkan ke air panas. Menghirup uap ini bisa dilakukan sekali dalam sehari.
  • Jika batuk, ramuan yang untuk mengatasinya adalah bubuk cengkeh yang dicampur dengan madu atau gula jawa, dua kali atau tiga kali sehari. Namun jika batuk belum juga sembuh dalam kurun waktu 3-5 hari, sebaiknya segera konsultasi ke dokter.

Pernah mendengar tanaman Brotowali? Brotowali (Tinospora cordifolia) yang dalam bahasa Sansekerta disebut dengan Guduci ini juga bisa menjadi alternatif untuk menguatkan imun tubuh. Di Indonesia khususnya di Jawa dan Bali tanaman ini sangat mudah ditemukan dan sangat familiar dalam kehidupan sehari-hari. 

Cara menggunakan ramuan brotowali:

  • Jika tanaman segar--daun Brotowali bisa direbus dengan 4 gelas air sampai airnya tersisa 1 gelas.  Ini bisa diminum dua kali sehari masing-masing setengah gelas.
  • Bisa juga dengan menyeduh bubuk Brotowali, dua sendok makan diseduh dengan 180 ml air panas, didinginkan sampai hangat kuku dan dikonsumsi. Bubuk Brotowali ini bisa didapatkan dengan mudah di pasar online.

Brotowali adalah tanaman yang sangat efektif untuk mengobati demam, batuk kronis dan masalah pencernaan.

Manfaat Brotowali lebih mendetail akan saya bahas dalam tulisan yang lain di blog ini. 

 

 

1 komentar:

  1. Very nice blog. I just went through some articles on this website and I am really impressed with writing. Very nice information. keep it up.

    BalasHapus

Mengenal Konsep Mala dalam Ayurveda

Pada tulisan sebelumnya yang membahas tentang Definisi Sehat dalam Perspektif Ayurveda saya paragraf yang menjelaskan ' Mala ' saya...

Ad

Artikel Terpopuler