Sponsor

Definisi Sehat dalam Perspektif Ayurveda

Setiap orang ingin hidup sehat dan ingin selalu sehat. Kesehatan harganya tidak bisa dinilai dengan uang. Oleh karena itu saya akan mencoba menjabarkan mengenai "sehat" dalam perspektif Ayurveda.

Di dalam Ayurveda disebutkan bahwa seseorang dikatakan sehat jika tridosha (vata, pitta, kapha), agni (api pencernaan), dhatu (jaringan tubuh) dan mala (kotoran) di dalam tubuh dalam kondisi seimbang, dan sebaliknya jika tidak seimbang maka seseorang dikatakan sakit. 

Di dalam salah satu kitab Ayurveda disebutkan:

samadosha samanigsca samadhatu malakriyaha. 

prasanna atma indriya manaha svastha ityabhidiyate.

Arti dari ayat di atas kurang lebih sebagai berikut:

Seseorang dikatakan dalam kondisi sehat jika tridosha (vata, pitta, kapha), agni (api pencernaan), dhatu (jaringan tubuh) dan mala (kotoran) berfungsi sebagaimana mestinya, jiwa, indera-indera dan pikiran dalam kondisi nyaman maka seseorang dikatakan dalam kondisi sehat.

Tridosha

Tridosha adalah tiga elemen atau energi yang ada di dalam tubuh setiap orang yang mengatur fisik, mental dan spiritual setiap orang. Tiga elemen ini adalah vata, pitta dan kapha, yang masing-masing memiliki lima sub-bagian yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Masing-masing dari dosha ini terbentuk dari kombinasi dari elemen-lemen panca mahabhuta, yang merupakan lima elemen dasar yang menyusun alam semesta beseta isinya, termasuk tubuh manusia. 

Di dalam Ayurveda dijelaskan bahwa sangat penting untuk menjaga tridosha ini jika ingin memiliki tubuh yang sehat. Untuk mengetahui lebih lanjut apa yang dimaksud dengan tridosha, silahkan baca postingan Memahami Konsep Ayurveda. 

Agni

Agni atau teja adalah api. Di dalam ayat ini agni merujuk pada sistem metabolisme di dalam tubuh manusia, yang termasuk di dalamnya pencernaan makanan, penyerapan dan asimilasi. Agni sangat penting perannya dalam mengonversi makanan yang kita makan agar bisa memberikan nutrisi bagi jaringan-jaringan di dalam tubuh manusia yang disebut dengan dhatu

Ada 13 jenis agni di dalam tubuh manusia yang berperan penting di dalam metabolisme. Masing-masing agni memiliki fungsi yang berbeda-beda. Mengenai topik agni ini bisa dibaca pada tulisan lainnya pada website ini dengan judul Konsep Pencernaan Makanan dalam Tubuh Manusia dalam Perspektif Ayurveda (Agni).   

Dhatu

Dhatu adalah jaringan pada tubuh manusia. Di dalam Ayurveda dijabarkan bahwa di dalam tubuh manusia ada 7 jaringan yang disebut dengan sapta dhatu. Ketujuh jaringan ini adalah rasa (plasma), rakta (darah), mamsa (otot), meda (lemak), asthi (tulang),  majja (sumsum tulang) dan sukra (sperma/ovum). Nutrisi dari sari-sari makanan akan secara bertahap terkonversi menjadi dhatu mulai dari rasa sampai ke sukra. Mengenai 7 jaringan (sapta dhatu) ini bisa dibaca pada tulisan saya yang lain yang berjudul Mengenal Dhatu, 7 Jaringan pada Tubuh Manusia.

Mala

Mala adalah produk-produk sisa metabolisme di dalam tubuh manusia. Di dalam Ayurveda dijelaskan ada tiga mala yang disebut dengan trimala yaitu purisha (tinja), mutra (air kencing) dan sveda (keringat). Tulisan dengan topik mala bisa dibaca di tulisan lain pada website ini yang berjudul Mengenal Konsep Mala dalam Ayurveda

Demikianlah penjabaran singkat mengenai definisi sehat dalam perspektif Ayurveda, semoga tulisan ini bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenal Ciri-ciri Orang Dengan Jenis Tubuh Vata (Vata Prakrti)

Ayurveda melihat setiap manusia sebagai insan yang unik. Di setiap tubuh manusia, tiga energi semesta yang disebut dengan tridosha selalu me...

Ad

Artikel Terpopuler