Sponsor

Mengenal Ciri-ciri Orang dengan Jenis Tubuh Pitta (Pitta Prakriti)

Ayurveda melihat setiap orang sebagai makhluk yang unik. Setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda. Ayurveda mengklasifikasikan jenis tubuh seseorang dalam beberapa kategori berdasarkan tridosha (energi)-- vata, pitta dan kapha. Berdasarkan tridosha ini, jenis tubuh manusia diklasifikasikan menjadi vata, pitta, kapha, vata-pitta, vata-kapha, pitta-kapha dan vata-pitta-kapha. Poin ini sudah dibahas pada tulisan lainnya. Begitu juga mengenai jenis tubuh vata sudah saya bahas pada tulisan lainnya.

Baca: Jenis-jenis tubuh Manusia

          Jenis Tubuh Vata

Pada tulisan kali ini akan membahas tentang jenis tubuh pitta atau yang disebut dengan pitta prakrti. Pitta adalah dosha yang terbentuk dari kombinasi elemen api (agni) dan air (jala). Pitta dosha memiliki sifat-sifat berminyak (sneha), tajam (tikshna), panas (ushna), ringan (laghu), berbau tidak sedap (vishra), mengalir (sara) dan cair (drava). Karakter dari energi api dan air membentuk sifat-sifat yang dimiliki oleh pitta dosha.

Elemen panas memiliki karakter tajam, panas, ringan, cepat, dan berwarna kemerahan. Elemen air memiliki karakter dingin, cair, mengalir dan mengisi ruang. Nah kombinasi dari karakter-karakter api dan air ini membentuk sifat-sifat pada pitta dosha. 

Ciri-ciri dari energi pitta ini juga hadir pada seseorang yang memiliki jenis tubuh pitta atau pitta prakrti. Mari kita lihat satu persatu.

Berminyak/lembab hangat

Ciri-ciri yang tampak pada tubuh kita yaitu memiliki rambut yang lembut dan berminyak, kulit berminyak, mudah berkeringat, eces yang lembek dan lembut. 

Tajam

Ciri-ciri yang bisa dilihat seperti hidung mancung, gigi tajam, tatapan tajam, wajah berbentuk menyerupai jantung, dagu berbentuk lonjong, sistem pencernaan makanan sangat bagus, ingatan yang tajam, mudah memahami pelajaran dan bisa mengingat dalam waktu yang lama. Namun di satu sisi memiliki karakter yang tidak bisa bekerja keras, mudah terganggu dan kritis.

Panas

Ciri-ciri yang bisa dilihat seperti mudah berkeringat, suhu tubuh di atas rata-rata orang sekitarnya, mudah mencerna makanan apapun yang dimakan, sangat sensitif terhadap sesuatu yang bertentangan dengan dirinya, mudah tersulut emosinya, tegas terhadap peraturan dan tegas terhadap bawahan.

Ringan

Ciri-ciri yang bisa dilihat seperti mudah memberikan bantuan ke orang lain, mudah memberikan nasehat kepada orang/bawahan jika ada sesuatu yang tidak sesuai dengan apa yang seharusnya, terkadang berkata-kata tanpa benar-benar berfikir apakah kata-katanya akan mudah diterima atau tidak, berat  badan yang sedang-sedang saja, mudah untuk naik berat badan namun mudah untuk turun kembali. Lebih cenderung ke stabil.

Berbau tidak sedap

Seperti halnya dengan karakter perpaduan antara air dan api akan menghasilkan bau. Ciri-ciri yang bisa dilihat seperti keringat yang berbau tajam.

Cair dan mengalir

Karakter yang bisa dilihat seperti mudah bergaul dengan orang lain, khususnya jika memiliki bidang ilmu dan profesi yang sama. Mudah mendapatkan teman.

Orang dengan jenis tubuh pitta adalah  orang yang memiliki intelek yang sangat kuat, fokus jika melakukan sesuatu, orang yang berpotensi menjadi pemimpin, bagus dalam membuat keputusan, sangat spesifik terhadap berbagai hal, orang yang suka berbicara ceplas-ceplos dan memiliki kapasitas atau keahlian untuk mentransfer ilmu ke orang lain. 

Secara fisik orang dengan jenis tubuh pitta adalah orang yang frame tubuhnya medium baik berat maupun tinggi, rambut lebih terang, memiliki pencernaan yang bagus, suhu tubuh diatas rata-rata, tidur cukup walau hanya sebentar, memiliki nafsu seksual yang cukup kuat, kulit berwarna terang, memiliki energi yang cukup kuat dan nafsu makan yang kuat.

Jika Pitta Dosha Tidak Seimbang

Jika dilihat dari ciri-ciri jika pitta dosha di dalam tubuhnya tidak seimbang, orang dengan jenis tubuh pitta sangat mudah sekali terkena penyakit seperti kulit ruam/kemerahan, peradangan pada lambung, sakit maag, gangguan pencernaan, suhu tubuh berlebihan/demam, mudah tersinggung/mudah bertengkar dan emosi.

Tips Untuk Menjaga Energi Pitta Tetap Seimbang

  • Istirahat yang cukup.
  • Pilih makanan yang memberikan efek dingin/menyegarkan untuk tubuh.
  • Rutin melakukan olahraga ringan.
  • Harus makan dengan teratur dan tidak boleh melewatkan waktu makan.
  • Lebih mengonsumsi makanan yang memiliki rasa pahit, manis dan sepat.
  • Selalu luangkan waktu untuk menikmati pemandangan yang memberi efek sejuk pada tubuh dan pikiran.
  • Rutin melakukan pijat dengan minyak yang mendinginkan seperti minyak kelapa.
  • Selalu sempatkan untuk tertawa dan bahagia.
  • Gunakan parfum yang beraroma manis dan dingin.

Demikialah ciri-ciri jika seseorang memiliki energi pitta atau pitta dosha sebagai jenis tubuhnya. Semoga tulisan ini memberikan gambaran kepada Anda apakah ciri-ciri dari jenis tubuh pitta ada pada diri Anda.    

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peran Rempah-rempah Dalam Pengobatan Ayurveda

Mungkin rempah-rempah tidak asing bagi Anda. Sebagai bangsa yang kaya akan rempah-rempah, kita bisa menemukan rempah-rempah dengan mudah dim...

Ad

Artikel Terpopuler