Sponsor

Jenis-jenis Tubuh Manusia Menurut Ayurveda

jenis tubuh manusia

Sebagai sebuah pengetahuan tentang kehidupan dan sebagai sebuah sistem pengobatan, Ayurveda melihat setiap orang sebagai personal unik yang berbeda satu dengan lainnya. Dari personal yang berbeda-beda ini, maka karakter-karakter yang dimiliki juga berbeda-beda. 

Personal ini disebut dengan prakrti di dalam Ayurveda. Prakrti atau konstitusi tubuh ini merupakan jenis tubuh yang mencirikan seseorang berbeda satu dengan lainnya. Jenis tubuh manusia berkaitan dengan konsep tridosha di dalam Ayurveda. 

Baca juga: Konsep Tridosha


Secara garis besar, Ayurveda mengklasifikasikan jenis tubuh manusia menjadi 7 jenis yaitu:
  • Vata
  • Pitta
  • Kapha
  • Vata-Pitta
  • Vata-Kapha
  • Pitta-Kapha
  • Tridoshaja

Jenis Tubuh Vata (Vataja Prakrti)


Vata dosha memiliki sifat-sifat kering (ruksha), ringan (laghu), dingin (sita), kasar (khara), kecil (suksma) dan bergerak (cala). Sifat-sifat ini didapat dari perpaduan elemen angin (vayu) dan akasha (ether). 

Seseorang yang memiliki jenis tubuh vata, maka akan memiliki ciri-ciri tubuh dan mental yang merepresentasikan sifat-sifat yang dimiliki energi vata dosha. Beberapa contoh ciri-ciri orang dengan jenis tubuh vata seperti: kreatif, imajinatif, selalu waspada, berjalan dengan cepat, berbicara dengan cepat, berbicara tidak beraturan, tangan dan kaki dingin, pola makan tidak teratur, tidak suka suhu dingin dan karakter-karakter lainnya. 

Jenis tubuh vata ini akan saya bahas pada postingan lainnya yang khusus membahas jenis tubuh vata.

Jenis tubuh pitta (Pittaja Prakrti)


Pitta dosha memiliki sifat-sifat berminyak (sasneha), tajam (tikshna), ushna (panas), ringan (laghu), berbau tidak sedap (vishra), mengalir (sara) dan berbentuk cair (drava). Sifat-sifat ini didapat dari perpaduan elemen api (teja) dan air (jala).

Seseorang dengan jenis tubuh pitta, maka akan memiliki ciri-ciri tubuh dan mental yang merepresentasikan sifat-sifat yang dimiliki oleh energi pitta dosha. Beberapa contoh ciri-ciri orang dengan jenis tubuh pitta seperti: pikirannya tajam, tubuh kuat dan bentuk tubuh sangat bagus, fokus dalam melakukan pekerjaan, cerdas, suka dengan tantangan, selalu ingin menjadi yang nomor satu, tidak suka suhu panas dan karakter-karakter lainnya.   

Jenis tubuh pitta ini akan saya bahas pada postingan lainnya yang khusus membahas jenis tubuh pitta. 

Jenis Tubuh Kapha (Kaphaja Prakrti)


Kapha dosha memiliki sifat-sifat lembab (snigdha), dingin (sita), berat (guru), lambat (manda), lembut (slakshna), halus (mrdu) dan stabil (sthira). Sifat-sifat ini didapat dari perpaduan elemen air (jala) dan tanah (prthivi). 

Seseorang dengan jenis tubuh kapha, maka akan memiliki ciri-ciri tubuh dan mental yang merepresentasikan sidat-sifat yang dimiliki oleh energi kapha dosha. Beberapa contoh ciri-ciri orang dengan jenis tubuh kapha seperti: memiliki stamina yang kuat dan bertenaga, tubuh kuat, rambut tebal, mata lebar, kalem, penuh kasih sayang loyal dan karakter-karakter lainnya.

Jenis tubuh kapha ini akan saya bahas pada postingan lainnya yang khusus membahas jenis tubuh kapha. 

Jenis Tubuh Perpaduan Dua Energi Dosha


Jenis tubuh seperti Vata-pitta, Vata-kapha dan Pitta-kapha merupakan jenis tubuh yang merupakan perpaduan dari dua jenis dosha. Jadi orang dengan jenis tubuh ini memiliki dua jenis energi dosha yang sama-sama dominan di dalam tubuhnya. Misalnya orang dengan jenis tubuh vata-pitta--ini artinya orang ini memiliki vata dan pitta yang sama-sama dominan.   

Jenis tubuh dwidoshaja ini akan saya bahas pada postingan lainnya yang khusus membahas jenis tubuh vata-pitta, vata-kapha dan pitta-kapha. 

Jenis Tubuh Perpaduan Tiga Energi Dosha


Jenis tubuh ini disebut dengan tridoshaja/samanyaja. Jadi orang dengan jenis tubuh ini memiliki vata, pitta dan kapha yang sama-sama dominan di dalam tubuhnya. Masing-masing dosha sama-sama kuat dominasinya. 

Di dalam literatur Ayurveda dijelaskan bahwa jenis tubuh ini adalah yang paling ideal, namun sangat jarang sekali ada. Topik ini akan saya bahas lebih detail pada postingan lainnya. 

Apakah orang dengan jenis tubuh 1 dosha tidak memiliki dosha yang lain?


Jadi jika seseorang dengan jenis tubuh tertentu bukan berarti orang tersebut tidak memiliki dosha yang lainnya. Misalnya orang dengan jenis tubuh vata, ini bukan berarti orang tersebut tidak memiliki pitta dan kapha. Vata, pitta dan kapha selalu ada di dalam tubuhnya, hanya saja vata yang sangat dominan, sedangkan pitta dan kapha tidak terlalu dominan.  

Begitu juga dengan orang yang memiliki jenis tubuh dengan dua energi dosha yang dominan, tetap saja memiliki dosha lainnya namun tidak dominan. Misalnya orang dengan jenis tubuh vata-pitta, artinya energi kapha pada orang ini tidak dominan, atau bisa dibilang kalah dominan dari dosha yang lainnya. 

Apakah penting mengetahui jenis tubuh?


Mengetahui jenis tubuh kita masing-masing sangat penting, baik itu untuk anda yang sehat, terlebih lagi jika anda sakit. Banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mengetahui jenis tubuh anda, mulai dari anda bisa tahu makanan apa yang cocok dan tidak cocok untuk anda sampai pada jenis aktivitas yang cocok dan tidak cocok untuk anda dan manfaat-manfaat lainnya.

Dengan mengetahui rekomendasi diet dan aktivitas yang ideal untuk tubuh anda dan mengikutinya maka ada sudah melakukan pencegahan terhadap penyakit yang mungkin berpeluang menyerang tubuh anda. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati.
  
Nah menarik bukan? 
Tetap setia di blog ini, nantikan tulisan selanjutnya yang membahas satu per satu jenis tubuh dalam perspektif ayurveda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenal Ciri-ciri Orang Dengan Jenis Tubuh Vata (Vata Prakrti)

Ayurveda melihat setiap manusia sebagai insan yang unik. Di setiap tubuh manusia, tiga energi semesta yang disebut dengan tridosha selalu me...

Ad

Artikel Terpopuler