Sponsor

Mengenal Ciri-ciri Orang Dengan Jenis Tubuh Vata (Vata Prakrti)

jenis tubuh vata

Ayurveda melihat setiap manusia sebagai insan yang unik. Di setiap tubuh manusia, tiga energi semesta yang disebut dengan tridosha selalu melekat. Setiap orang memiliki energi vata, pitta dan kapha. Masing-masing energi terbentuk dari perpaduan elemen-elemen panca mahabhuta

Vata terbentuk dari perpaduan elemen ruang (akasha) dan udara (vayu). Pitta terbentuk dari perpaduan  elemen api (agni) dan air (jala). Kapha terbentuk dari perpaduan elemen air (jala) dan tanah (prthivi). 

Pada postingan sebelumnya disebutkan bahwa vata, yang merupakan energi ruang dan udara memberikan pengaruh pada karakter seseorang. Jika seseorang memiliki karakter-karakter yang mencerminkan karakter dari energi vata, maka dikatakan orang tersebut memiliki jenis tubuh (prakrti) vata.

Vata dosha memiliki sifat-sifat kering (ruksha), ringan (laghu), dingin (sita), kasar (khara), kecil (suksma) dan bergerak (cala)

Pengaruh Sifat-sifat Vata Pada Karakter Manusia


Sifat kering dari vata memberikan pengaruh pada tubuh seseorang seperti kering pada kulit, rambut, bibir, lidah dan kolon (konstipasi) serta suara yang serak.

Sifat ringan dari vata memberikan pengaruh pada tubuh seseorang seperti tulang yang ringan, bentuk tubuh kurus, otot-otot yang ringan, kurang tidur dan kurang berat badan. 

Sifat dingin dari vata memberikan pengaruh pada tubuh seseorang seperti dingin pada tangan, kaki, sirkulasi darah yang kurang bagus, tidak suka dengan berbagai hal yang dingin, lebih menyukai berbagai hal yang hangat dan otot-otot yang kaku.

Sifat kasar dari vata memberikan pengaruh pada tubuh seseorang seperti kasar dan pecah-pecah pada kulit, kuku, gigi, tangan, kaki dan persendian yang berbunyi.

Sifat kecil dari vata memberikan pengaruh pada tubuh seseorang seperti rasa takut, gugup, merasa tidak aman, jerawat halus, kedutan pada otot dan gemetaran halus.

Sifat bergerak dari vata memberikan pengaruh pada tubuh seseorang seperti cara berjalan yang cepat, berbicara cepat, melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu, kelelahan pada mata, alis, tangan, kaki, persendian tidak stabil, sering bermimpi, suka melakukan perjalanan dan susah tinggal lama pada satu tempat, mood-nya tidak stabil, imannya mudah sekali goyah dan pikiran yang bercabang-cabang.

Kombinasi dari sifat-sifat vata dosha berperan penting dalam membentuk karakter fisik maupun mental pada seseorang. Misalnya secara fisik orang dengan jenis tubuh vata memiliki karakter tubuh yang kurus dan fleksibel, gigi yang besar dan menonjol. 

Dalam perilaku sehari-hari misalnya suka menghisap jari-jarinya. Metabolisme orang dengan jenis vata sangat sensitif, sehingga sangat rentan sekali dengan berbagai penyakit yang berkaitan dengan metabolisme dan malabsorpsi di dalam tubuhnya. 

Berkaitan dengan mental, orang dengan jenis tubuh vata selalu memiliki semangat dan pengalaman yang baru, mudah marah dan mudah memaafkan, aktif, sangat fleksibel dan kreatif, sangat suka mengawali sebuah proses dan memimpin dan suka berbincang-bincang dengan siapa saja. 

Orang dengan jenis tubuh vata sangat mudah sekali terkesan, sangat waspada dan bertindak tanpa banyak pikir. Bertindak dulu, urusan belakangan. Misalnya jika diberi pertanyaan, mungkin akan memberikan jawaban yang salah namun dengan rasa percaya diri yang tinggi. 

Kekuatan imajinasinya sangat luar biasa, namun juga suka melamun. Jika berbicara soal cinta, orang dengan jenis tubuh vata ini adalah orang yang mudah mencintai. 

Orang dengan jenis tubuh vata ini takut kegelapan, ketinggian dan ruang tertutup atau sempit. Tidak suka duduk diam, selalu ingin bergerak dengan konstan. Sangat suka dengan perubahan. Imannya bersifat fleksibel dan mudah sekali berubah-ubah, oleh karena itu tidak tidak bisa bertahan lama pada satu iman. 

Misalnya orang dengan jenis tubuh ini dikurung didalam suatu ruangan dan tidak diijinkan untuk melakukan aktivitas maka ini adalah sebuah hukuman yang berat bagi mereka. 

Berkaitan dengan kesejahteraan, karena orang dengan jenis tubuh vata adalah orang yang aktif, mereka bisa menghasilkan uang dengan mudah namun susah sekali untuk bisa menabung karena menghabiskan uangnya untuk hal-hal yang sepele. 

Jika Vata Dosha Tidak Seimbang


Apa yang terjadi jika seseorang dengan jenis tubuh vata dan memiliki vata dosha yang sedang dalam kondisi tidak seimbang?

Vata dosha adalah energi yang menggerakkan, termasuk menggerakkan pitta dan kapha di dalam tubuh manusia. Jika vata tidak seimbang maka akan menyebabkan kehilangan berat badan, hipertensi, berbagai penyakit tulang seperti artritis, konstipasi, badan lemah dan pegal-pegal, insomnia, kulit sangat kering, rasa gugup berlebihan, berbagai penyakit persendian, dan khawatir yang berlebihan.

Yang Harus Dilakukan oleh Orang "Vata"


Untuk menjaga agar orang dengan jenis tubuh vata tetap sehat dan seimbang, berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang bisa dilakukan oleh orang dengan jenis tubuh ini, seperti:
  • Menjaga jadwal aktivitas agar tetap regular
  • Lakukan pijat ayurveda (abhyanga) secara rutin setiap hari
  • Minum minuman hangat
  • Menjadikan lemak sehat sebagai salah satu bagian dari diet
  • Jadwal makan tiga kali sehari
  • Banyak-banyak beristirahat dalam melakukan aktivitas
  • Menyukai makanan sehat yang dimasak dengan benar
  • Selalu meluangkan waktu untuk berada di alam setiap harinya

Yang Tidak Boleh Dilakukan oleh Orang "Vata"


Untuk menjaga agar badan tetap sehat, orang dengan jenis tubuh vata tentu saja memiliki pantangan-pantangan yang harus dihindari, misalnya seperti:
  • Tidak memiliki jadwal yang tetap
  • Jadwal aktivitas yang berlebihan
  • Melewatkan jam makan
  • Ikut kompetisi maraton
  • Diet lebih banyak makanan mentah
  • Meminum minuman dingin berlebihan
  • Memakan makanan dingin
  • Rutin melakukan perjalanan
  • Minum kopi, teh dan stimulan lainnya 
  • Makan sambil melakukan aktivitas lainnya

 Bagaimana, semakin menarik bukan? Yuk simak postingan berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenal Ciri-ciri Orang Dengan Jenis Tubuh Vata (Vata Prakrti)

Ayurveda melihat setiap manusia sebagai insan yang unik. Di setiap tubuh manusia, tiga energi semesta yang disebut dengan tridosha selalu me...

Ad

Artikel Terpopuler