Sponsor

Komentator Caraka Samhita - Bhattara Hariscandra

komentator caraka samhita-bhattara hariscandra


Bhattara hariscandra menulis komentar pada Caraka Samhita dengan nama komentar Carakanyasa. Komentar ini merupakan komentar yang paling tua.

Saat ini komentar versi lengkap dari Bhattara Hariscandra sudah tidak ada. Komentar yang ada saat ini adalah komentar pada bab 1,2, 3, dan 5 dari Sutrasthana. Komentar ini diterbitkan oleh Mastanadha Shastry, Lahore.


Naskah duplikat dari dari komentar ini ada di Perpustakaan Pemerintah Madras, India.

Dikarenakan dia cakap dalam berbagai hal, ia menjadi terkenal dalam bidang sastra seperti halnya dalam dunia kesehatan.

Seni sastra dan keindahan presentasi yang dimiliki oleh Bhattara Hariscandra membuatnya memiliki tempat yang sejajar dengan penulis-penulis prosa seperti Bhasa, Agnimitra, Kuntideva, Kalidasa, dan penulis-penulis lainnya.

Oleh karena keahliannya ini ia juga dipuji dengan puisi “Bana” pada awal Harsha Charitra.

Komentar Bhattara Hariscandra pada Caraka Samhita dianggap sebagai yang paling bagus oleh banyak sarjana seperti Indu, Tisata, Mahesvara, dan sarjana-sarjana lainnya.

Tisataacarya mengutarakan bahwa adalah sebuah arogansi jika seseorang mencoba menulis komentar pada Caraka Samhita setelah Bhattara hariscandra dan Jejjata.

Mahesvara mengutip bahwa Bhattara Haricandra adalah seorang tabib kepercayaan raja Sahasanka, yang memerintah pada periode abad ke 5 AD (375-413 AD).

Bhattara Hariscandra ada pada masa sebelum Vagbhata, hal ini bisa diketahui dari fakta bahwa Tisata, yang merupakan anak dari Vagbhata mengutip Bhattara Hariscandra.

Bhattara Hariscandra juga menulis komentar pada Kharanada Samhita, yang kemudian diedit lagi oleh Indra. Komentarnya ini ada sampai pada periode Arunadatta dan Hemadri.

Bhattara Hariscandra memberikan 42 Tantra Yukti di awal karya satranya, tetapi Acarya Dridabala menyebutkan hanya 36 saja.

Sangat disayangkan bahwa saat ini karya dari Bhattara Hariscandra sudah tidak ada. Sebuah kerugian yang sangat besar bagi dunia kesehatan saat ini.


Mengenal Ciri-ciri Orang Dengan Jenis Tubuh Vata (Vata Prakrti)

Ayurveda melihat setiap manusia sebagai insan yang unik. Di setiap tubuh manusia, tiga energi semesta yang disebut dengan tridosha selalu me...

Ad

Artikel Terpopuler