Vaiseshika Dharshana

Vaiseshika Darshana adalah salah satu dari Astika Darshana. Buku ini ditulis oleh Maharshi Kanada. Buku ini juga disebut dengan Auluka Darshana, Samana Tantra, Samana Nyaya, Kalpa Nyaya. Maharshi Kanada dalam buku ini lebih menekankan pada definisi dari Visesha dari Shat Padaartha. Oleh karena itulah buku ini disebut dengan Vaiseshika Darshana.


Maharshi Kanada biasa mengumpulkan dan memakan Ahara Kana (partikel-partikel makanan), sehingga ia disebut dengan Kanada. Ia juga biasa mengumpulkan sedekah pada malam hari seperti burung hantu dan juga ia mendapat berkah dari dewa Shiva dalam rupa burung hantu, sehingga ia disebut Auluka dan karyanya disebut dengan Auluka Darshana.

Vaiseshika Darshana memiliki isi 370 sutra yang dibagi kedalam 10 bab, yaitu:
Bab 1 memjelaskan tentang Dravya, Guna, Karma, dan Samavaya.
Bab 2 dan 3 menjelaskan tentang Nava Dravya.
Bab 4 menjelaskan tentang Paramanu vada.
Bab 5 menjelaskan tentang Karma.
Bab 6 menjelaskan tentang Veda Pramanya, Dharma, dan Adharma.
Bab 7 dan 8 menjelaskan tentang Guna.
Bab 9 menjelaskan tentang Abhava.
Bab 10 menjelaskan tentang Sukha, Dukkha, dan Trividha Karana.

Maharshi Kanada menjelaskan tentang Shat Bhava Padartha, yaitu Dravya, Guna, karma, Samanya, Visesha, dan Samavaya. Dravya, Guna, dan Karma disebut dengan Ashraya sedangkan Samanya, Visesha, dan Samavaya disebut dengan Ashrayi.

Ia juga menjelaskan tentang Nava Karana Dravya, yang merupakan elemen dasar dari penciptaan. Sembilan elemen ini adalah Panca Mahabhuta, Atma, Mana, Kala, dan Dik. Tidak ketinggalan juga mengenai penjelasan Tri Guna, yaitu Sattva, Rajas, dan Tamas.

Maharshi Kanada mempercayai teori Arambha Vada. Ia menjelaskan dengan lengkap teori Paramanu vada/Peelupaka vada. Ia juga menjelaskan tentang dua Pramana yaitu Pratyaksa dan Anumana Pramana.

Di dalam Vaiseshika Darshana Moksha disebut dengan Nishreya. Atma dikenali sebagai Nitya, Aneka dan Manas sebagai Anu.

Karma yang dijelaskan di dalam buku ini yaitu 5 jenis karma. 5 karma ini yaitu Utkshepana, Apakshepana, Akuncana, Prasarana, dan Gamana. Maharshi Kanada di dalam buku ini mengatakan bahwa Mithya gyana, Raga Dvesha menyebabkan dukkha dan Tatva gyana menghilangkan dukkha.

Guna yang dijelaskan oleh Maharshi Kanada di dalam darsana ini yaitu 24 guna yang disebut dengan Vaiseshika Guna. 24 guna ini yaitu: rupa, rasa, gandha, sparsha, shabda, sankhya, parimana, prutaktva, samyoga, vibhaga, paratva, aparatva, guru, drava, sneha, buddhi, sukha, dukkha, iccha, dvesha, prayatna, dharma, adharma, dan samskara.

Kesamaan Vaiseshika Darshana dan Ayurveda
  1. Vaiseshika Darshana memberikan kontribusi yang sangat besar sekali bagi Ayurveda, diantaranya:
  2. Visesha tatva memiliki peran yang sangat besar di dalam Ayurveda yaitu diaplikasikan pada konsep untuk menormalisir penyebab meningkatnya potensi dosha di dalam tubuh maka dipilih makanan atau obat yang memiliki potensi berlawanan dengan faktor penyebab meningkatnya potensi dosha.
  3. Ayurveda menerima konsep Shat Padaartha namun dengan urutan yang berbeda yaitu Samanya, Viseha, Guna, Dravya, Karma, dan Samavaya.
  4. Ayurveda dan Vaiseshika darshana menerima konsep penciptaan bahwa ciptaan di dunia ini dimulai dari Mula Prakruti dan dikontrol oleh Para Brahma.
  5. Konsep Paramanu vada membantu Ayurveda dalam menentukan pilihan makanan atau obat yang sesuai. Misalnya Ahara Parinama, Dhatu Parinama.
  6. Vaiseshika dan Ayurveda menerima konsep Nava Karana Dravya.
  7. Ayurveda menerima 22 guna dari 24 Vaiseshika guna. Dharma dan Adharma tidak termasuk guna di dalam Ayurveda.
  8. Sama dalam konsep Nityatva Atma dan Anutva Manas.
  9. Dua-duanya menerima konsep Panca Vidha Karma.
  10. Dua-duanya menerima konsep Dukkha Karana, Tatva gyana, Karmaphala, Punarjanma, dan Moksha.
  11. Dua-duanya menerima konsep Peelupaka vada.



Bisa dikatakan bahwa 90 persen teori dari Vaiseshika darshana dan Ayurveda memiliki kesamaan.   

Back To Nature Bersama Ayurveda

Seperti kita ketahui bersama, saat dunia sedang berperang melawan pandemi COVID-19, khususnya negara kita tercinta-Indonesia. Oleh karena it...

Artikel Terpopuler